Ateng, Pelawak Legendaris Asal Bogor

Ateng, Pelawak Legendaris Asal Bogor

Ateng, Pelawak Legendaris Asal Bogor

KampungLucu.com – Andreas Leo Ateng Suripto dengan nama lahir Kho Tjeng Lie merupakan seorang pelawak Indonesia yang terkenal dengan grup Kwartet Jayabersama Eddy Sud, Iskak, dan Bing Slamet. Ateng lahir di Bogor, Jawa Barat pada 8 Agustus 1942 dan meninggal di Jakarta, 6 Mei 2003 pada umur 60 tahun.

Ia menikah dengan Theresia Maria Reni Indrawati. Dari pernikahannya lahir dua putra bernama Alexander Agung Suripto dan Antonius Aryo Gede Suripto.

Karier Ateng di dunia film dimulai lewat film Kuntilanak pada 1962, disusul dengan film komedi (1974-1978) Ateng Minta Kawin, Ateng mata Keranjang, Ateng Sok Tahu, Ateng Bikin Pusing, Ateng Sok Aksi, Ateng Pendekar Aneh, dan Ateng The Godfather.

Nama Ateng di dunia lawak maupun di dunia film semakin berkibar. Bahkan nama Ateng sangat akrab di tengah masyarakat. Hingga nama Ateng untuk sebutan pendek menjadi memasyarakat.

Pada 1980-an, popularitas Ateng semakin meningkat berkat perannya sebagai Bagong, di acara Aneka Ria di TVRI. Sebelumnya, pada tahun 1963, Ateng bergabung bersama S. Bagyo dan Iskak membentuk grup. Kemudian tahun 1967 membentuk Kwartet Kita bersama Bing Slamet, Eddy Sud, dan Iskak. Setelah lama tidak lagi melawak, belakangan ia muncul kembali dalam serial komedi di SCTV berjudul Gregetan


ARTIKEL TERKAIT