Cak Lontong, Dengan Nama Asli Nama Lis Hartono

Cak Lontong, Dengan Nama Asli Nama Lis Hartono

Cak Lontong, Dengan Nama Asli Nama Lis Hartono

Kampunglucu.com – Cak Lontong dengan nama asli Nama Lis Hartono, dalam Acara TV ILK merupakan pelawak yang berasal dari Indonesia. Ia memulai karirnya bersama grup lawak Ludruk Cap Toegoe di Surabaya. Melalui Ludruk Cap Toegoe, Nama Cak lontog kian dikenal setelah bergabung di beberapa acara TV seperti stand up comedian (comic) di Stand Up Comedy Show di Metro TV serta menjadi panelis di Indonesia Lawak Klub pada Trans 7.

Cak Lontong sebagai pelawak sudah memiliki karakter tersendiri. Dengan ciri khas tersebutlah yang membuat Cak Lontong berbeda dengan pelawak-pelawak lainnya. Salah satu ciri khasnya seperti mengucapkan ‘salam lemper’ sebagai kata untuk membuka lawakanya. Cak Lontong juga dikenal sebagai seorang pelawak yang hebat plesetan serta anekdot. Cak Lontong dituntut agar cerdas, rada nyinyir, mampu menganalisa serta dapat memberikan solusi dari tiap-tiap topik yang dibahas.

Disisi lain, Cak Lontong juga memberikan penjelasan jika seorang comic selalu menyalahkan penonton, itu bukanlah comic yang sejati akan tetapi comic yang manja. Seperti yanh ia katakan jika tugas comic adalah menghibur penonton. Bila comic tidak mampu menghibur penonton, maka tugas comic tersebut dianggap gagal dan bukanlah penonton yang disalahkan jika si comic gagal menyampaikan tugasnya.

Malah si comiclah yang tidak dapat memahami suasana dari penonton. Cak Lontong juga mengakui bila sekarang ini sudah banyak comic yang selalu tampil dengan materi bersingungan dengan kritik sosial dan SARA. Padahal menurut Cak Lontong ada banyak materi atau pembahasan yang tidak mesti membuat sakit hati orang karena tugas comic itu menghibur orang banyak.

Untuk menghindari materi yang dapat menyinggung, Cak Lontong biasanya mencari materi atau pembahasan dari premis yang sederhana baik pada sebuah kata atau istilah seperti, tentang kata sabar, takut, atau istilah mikir dan gaptek. Cak Lontong juga memiliki kalimat salam ciri khas ‘Salam Lemper’ yang biasanya dia katakan sebelum mengawali lawakannya.

Nama Lontong yang ia pakai berasal dari masa kecilnya, dimana pada masa kanak-kanak sampai remaja, Lies memiliki badan yang kurus dan tinggi seperti lontong, sehingga ia disapa dengan panggilan seperti oleh teman dan keluarganya. Kata Cak adalah panggilan umum untuk lelaki di Jawa Timur.

Karier Cak Lontong semakin melunjak di industri hiburan. Cak Lontong juga memasuki dunia layar lebar dalam film Comic 8. Ini adalah film layar lebar pertamanya. Ia juga menyatakan jika dengan komedi yang lahir serta berkembang dari stand-up comedy, masyarakat saat ini akan memiliki pilihan film komedi yang lebih banyak.

 

 


ARTIKEL TERKAIT