D’BODORS

Kampunglucu.com – Tak banyak grup lawak yang bisa eksis bertahun-tahun dengan bermodalkan materi tradisional, dan salah satu yang mampu bertahan adalah kelompok lawak D’Bodors yang beranggotakan Raden Achmad Yusuf Wargapranata (Abah Us Us) yang identik dengan peniti raksasa, Uyan Suryana (Yan Asmi) yang selalu membawa gitar dan Kusye (Engkus) yang bertubuh kecil namun lincah.

Grup pelawak asal Sunda yang berulangkali mengisi layar TVRI ini memang sudah lama tidak aktif lagi, namun peran mereka di dunia humor tak akan pernah terlupakan.

Ketigananggotanya adalah seorang yang multitalenta, cerdas sekaligus menghibur namun tidak melupakan kultur Sunda yang kental. Komedi-musik yang mereka usung tak pernah lekang oleh jaman, ini dibuktikan dari penampilan-penampilan akhir mereka di tahun 2010 saat naik panggung di acara Zona Memori Metro TV.

Walaupun sudah dimakan usia, mereka masih tetap sanggup mengocok perut dengan banyolan khas yang juga pernah mereka usung pada dekade 80an.

D’Bodors sempat melakukan lobi ke Metro TV untuk pembuatan talkshow. Sayang tak lama setelah penampilan terakhir di TV swasta tersebut, Yan Asmi meninggal dunia pada tanggal 29 Maret 2010 sekaligus membatalkan rancangan talkshow D’Bodor.

Abah dan Engkus-pun merubah susunan acara dan bersiap menyajikan kenangan Yan Asmi di Zona Memori, namun belum sempat acara ini dijalankan, Abah Us Us wafat menyusul rekannya 40 hari setelah meninggalnya Yan Asmi, pada tanggal 8 Mei 2010.

By Kampunglucu.com


ARTIKEL TERKAIT