Haji Enun Tile, Pelawak Legendaris dan Pemain Lenong Betawi

Haji Enun Tile, Pelawak Legendaris dan Pemain Lenong Betawi

Haji Enun Tile, Pelawak Legendaris dan Pemain Lenong Betawi

KampungLucu.com – Pelawak Legendaris, Haji Enun Tile, Pelawak yang lahir di Jakarta tahun 1933 dan meninggal di Jakarta tanggal 4 November 1998 ini merupakan pelawak dan pemain lenong Betawi. Aktor yang akrab dipanggil dengan nama Pak Tile ini dikenal luas oleh masyarakat setelah ikut berperan dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan sebagai kakeknya si Doel.

Tile merupakan potret keseharian pemain lenong Betawi yang hidupnya terdesak kesenian modern. Rumah yang ditempatinya jauh dari bagus, tanahnya sewa per bulannya 50 ribu dan sebagian dindingnya ditutup tripleks. Engkong pun masih mewarisi ‘penyakit’ generasi tua: buta huruf.

Meskipun Pak Tile sudah main lenong sejak zaman revolusi, baru di tahun 1987 namanya dikenal orang. Ketika itu, di Taman Ismail Marzuki, Grup Sinar Jaya tempatnya bergabung memenangkan juara satu Festival Lenong se-Jakarta. Dari sana Pak Tile dikenal almarhum sutradara beken Nyak Abbas Acub untuk main di film layar lebar. Dia juga tampil di berbagai iklan. Toh Engkong Tile ini tetap saja hidup pas-pasan.

“Saya sih orang kecil, perakan saja dah kalau soal gaji,” ungkapnya menceritakan bayaran yang diterimanya dari iklan dan sinetron. Barang miliknya yang agak ‘mentereng’ hanyalah mobil Kijang tahun 1991. Itu pun pernah ketiban pohon ketika Engkong sedang shooting salah satu iklan di Taman Mini.

Kata ayah delapan anak ini, Yang penting hidupnya sehat dan senang. “Biar tua-tua masih bisa dipake, masih tetap jos,” ujar Engkong Tile bicara soal ‘keberaniannya’ menikah dengan janda.


ARTIKEL TERKAIT