Iskak Darmo Suwiryo, Pelawak Legendaris Kelahiran Solo

Iskak Darmo Suwiryo, Pelawak Legendaris Kelahiran Solo

Iskak Darmo Suwiryo, Pelawak Legendaris Kelahiran Solo

KampungLucu.com – Iskak Darmo Suwiryo, Pelawak kelahiran Solo, Jawa Tengah, 3 Maret 1933 dan meninggal 16 Januari 2000 pada umur 66 tahun ini merupakan pelawak senior Indonesia. Dia tergabung dalam grup lawak Kwartet Jaya bersama Bing Slamet, Eddy Sud dan Ateng yang pernah tampil dalam beberapa film nasional.

Sementara itu, Iskak bersama Ateng juga aktif dalam acara Ria Jenaka di TVRI dimana Iskak terkenal dengan perannya sebagai Petruk. Iskak adalah alumnus SMA Negeri 4 Surakarta dan pernah menjadi karyawan tetap pada PT. Safari Sinar Sakti Film. Iskak bersama ateng meninggalkan PT. Safari, dan main di film-film produksi PT. Rapi Film.

Banyak orang berpendapat jika Ateng dan Iskak adalah satu jiwa. Tanpa Iskak Ateng tidak bisa lucu, atau sebaliknya tanpa Ateng, Iskak aksinya tidak lucu. Ya, keduanya sudah menjadi perpaduan sempurna. Saat akting, keduanya saling mengisi.

Seringkali Iskak menjadi objek penderita dan Ateng menjadi orang beruntung. Dari situ, bumbu lucu selalu terjadi saat keduanya beradu akting. Sudah puluhan film ditelorkan dua komedian ini. Film-film yang paling fenomenal antara lain, Ateng Minta Kawin, Ateng Mendadak Kaya serta Ateng Bikin Pusing dan lain-lain.


ARTIKEL TERKAIT