Kadir dan Doyok, Dua Pelawak yang Kompak

Kadir dan Doyok, Dua Pelawak yang Kompak

Kadir dan Doyok, Dua Pelawak yang Kompak

Kampunglucu.com – Doyok dengan nama asli Sudarmadji, Pelawak ini lahir di Sidoarjo, Jawa Timur, 17 Agustus 1954 merupakan pemeran dan pelawak Indonesia. Asal nama DOYOK sendiri adalah nama sebuah tokoh kartun nyeleneh sebuah koran harian pos-kota Lembergar (lembaran bergambar) asal Indonesia yang terbit setiap hari. Tokoh doyok ini memiliki ciri gigi tonggos dan memakai blangkon dan pakaian adat jawa.

Tokoh Doyok itu enerjik, lucu, kritis, dan nyeleneh serta kadang memiliki sindiran dan cukup mengena. Nah, kemudian tokoh Doyok kartun ini menjadi sebuah inspirasi bagi grup lawak Doyok’s Group yg terdiri dari Almarhum Mawi (senior) dan Sudarmadji sebagai Doyoknya.

Sedangkan Kadir lahir di Lumajang, Jawa Timur, 3 September 1951, Kadir adalah pemeran dan pelawak Indonesia. Pelawak yang seringkali dalam lawakannnya menggunakan logat Madura ini mengawali karier melawaknya dengan bergabung dengan grup lawak Srimulat. Kemudian, Ia sangat dikenal luas masyarakat melawak bersama Doyok. Bersama Doyok, Ia membintangi beberapa judul film layar lebar nasional. Setelah film nasional meredup, Ia beralih ke dunia sinetron.

Doyok dikenal luas bersama Kadir dalam setiap tampil melawak. Mereka berdua pernah membintangi beberapa judul film layar lebar, setelah era film nasional mengalami era suram, Doyok beralih ke sinetron. Ia juga pernah bermain dalam acara kesenian Ketoprak di stasiun televisi swasta.

Walau hanya beranggotakan 2 orang, Akan tetapi grup lawak ini bisa membawakan warna khas dalam melawak. Kekompakan keduanya dalam beradu kata disertai dengan gaya madura si Kadir serta gaya sok keren milik doyok menjadikan grup lawak ini menjadi salah satu grup lawak paling populer di jamanya. di dalam filmnya, mereka banyak menyajikan humor-humor yang berhubungan dengan realita kehidupan masyarakat saat itu.


ARTIKEL TERKAIT