Mandra, Pelawak Sekaligus Pelestari Seni Betawi

Mandra, Pelawak Sekaligus Pelestari Seni Betawi

Mandra, Pelawak Sekaligus Pelestari Seni Betawi

Kampunglucu.com – Nama Lengkap Mandra, Ia lahir di Cibubur Lahir 2 Mei 1965, siapa yang nggak kenal dengan pelawak yang merupakan pesinetron ini, pelawak sekaligus pelestari seni Betawi. Mandra merupakan adik dari pemain sinetron sekaligus komedian Mastur dan Omas.

Dulu saat kecil Mandra mengikuti keluarga teater rakyat, selain itu Mandra juga ikut Topeng Betawi Setia Warga pimpinan Bokir Jiun (pamannya), meski sambil bersekolah. Akan tetapi, setelah ayahnya meninggal dunia, dia hanya menekuni dunia sandiwara (topeng), agar adik-adiknya bisa melanjutkan sekolah. Mandra putus sekolah pada kelas 2 SMP.

Saat kecil hidup Mandra sangat susah ia harus mengamen dan rezekinya tergantung dari uang saweran penonton. Bila ada panggilan bermain lenong Mandra dan pemain-pemain lainnya yang kebanyakan keluarganya harus berjalan kaki dari rumahnya di Cibubur menuju Serpong.

Mulai 1975 Mandra sudah muncul di TVRI bersama grup Setia Warga. Karena Bokir sudah terkenal sejak turut main lenong di TIM dan TVRI, maka Setia Warga sering disebut oleh awam Lenong Betawi.

Namanya semakin melecit saat aktor dan sutradara Rano Karno mengajaknya untuk membintangi serial komedi Betawi, Si Doel Anak Sekolahan, pada film ini mandra memerankan tokoh Mandra yang sangat lugu namun keras kepala, Mandra adalah paman dari si Doel yang diperankan Rano Karno. Serial ini juga mengangkat nama Cornelia Agatha, Maudy Koesnaedi, dan Basuki (Alm).

Mandra dikenal sebagai pribadi yang kreatif. setelah sukses bersama Si Doel, pria kelahiran 2 Mei 1965 ini mendirikan sebuah rumah produksi Viandra Production dan duduk sebagai direktur utamanya.

Pada Tahun 2009, Mandra sibuk mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) dari Partai Amanat Nasional pada ajang Pemilu 2009. Namun sayang ia gagal. Tahun 2012 ia kembali ke dunia hiburan. Ia membintangi sinetron berjudul Kabayan Anak Betawi. Disitu ia berperan sebagai tukang bajaj.


ARTIKEL TERKAIT