Ron Ron , Pelawak Legendaris Salah Satu Personil Pelita Grup

Ron Ron , Pelawak Legendaris Salah Satu Personil Pelita Grup

Ron Ron , Pelawak Legendaris Salah Satu Personil Pelita Grup

KampungLucu.com – Pelawak Legendaris, Ron Ron dengan nama lengkap Wagirun Khoirun Saleh ini merupakan pelawak atau komedian yang berjaya pada era 80-an bersama grup lawaknya, Pelita Grup yang diawaki Ron Ron, Ujang, Darus dan Kholik.

Ron Ron dikenal dengan dialek khasnya yaitu berbahasa Minang. Pada masa itu ia acapkali mengundang kelucuan tersendiri karena selalu berselisih paham dengan almarhum Kholik yang berdialek Tegal, Darus dengan logat Bataknya dan Ujang dengan dialek Sundanya.

Ron Ron sendiri merupakan personil pertama yang ikut membangun dan membesarkan nama grup lawak ‘Pelita’ bersama S. Kholik (almarhum), Syarief dan Ujang. Mereka mengalami masa kejayaan pada pertengahan tahun 80-an hingga 90-an.

Meskipun akrab dengan dialog Minang (Padang), ternyata Ron Ron asli kelahiran kota Purwakarta, Jawa Barat. Ron-ron merupakan salah satu pelawak yang dilupakan di dunia hiburan. Masa kejayaannya di era tahun 80an bersama grup lawaknya Pelita grup hilang seiring waktu.

Ron Ron meninggal dunia pada usia 70 tahun di kediamannya di kampung Kebon Danas, Desa Kebon Danas, Kecamatan Pusaka Jaya, Subang, Selasa 11 Desember sekira pukul 18.00 WIB disebabkan sakit metabolisme otak.


ARTIKEL TERKAIT