Tessy Atau Kabul Basuki, Dengan Peran Bancinya

Tessy Atau Kabul Basuki, Dengan Peran Bancinya

Tessy Atau Kabul Basuki, Dengan Peran Bancinya

Kampunglucu.com – Tessy, Tessi, atau Tesi (lahir di Banyuwangi, Jawa Timur, 31 Desember 1947, umur 64 tahun) merupakan dari salah satu pelawak anggota grup Srimulat. Nama aslinya ialah Kabul Basuki, sedangkan nama panggungnya berasal dari putri sulungnya sendiri, Tessy Wahyuni Riwayati Hartatik.

Tessy sebelum menjadi pelawak adalah anggota KKO Angkatan Laut untuk operasi pembebasan Irian Barat di tahun 1961-1963. Tahun 1963, Kabul akhirnya keluar dari tentara, dikarenakan ibunya tidak menghendaki ia jadi tentara, sebab sang ibu trauma kehilangan Ayahnya karena perang.

Lepas dari marinir, dia terjun ke panggung hiburan rakyat di Surabaya, dan bergabung Srimulat Surabaya pada tahun 1979. Ciri khas Tessy di panggung adalah peran banci, kosmetik tebal, bibir monyong, cincin akik bermata besar yang banyak di jari-jarinya, serta logat Suroboyoanyang kental. Tessy juga kerap menggoda artis wanita lainnya yang sepanggung dengannya.

Gaya banci ini pertama kali dipakai Tessy pada saat ia berperan sebagai Hansip, saat itu dia spontan berimprovisasi untuk menghidupkan suasana dengan bertingkah kemayu. karena sukses sejak itu peran banci selalu dipakai dalam setiap pementasan.

Selain itu, dia sering memplesetkan sendiri namanya menjadi Tessy Ratnasari, Tessy van lontong, Tessy Kaunang, Tessy Lupita Jones dan sebagainya.

Tahun 1983, bermain di film “Gepeng Mencari Untung”.

Tahun 2008, bermain di film “Setannya Kok Beneran?”.

Tahun 2009, bermain di film “The Maling Kuburans “ dan XXL-Double Extra Large .

Tahun 2010, bermain di film “Susah Jaga Keperawanan di Jakarta”.

Tahun 2012, bermain di film “Penganten Pocong”.


ARTIKEL TERKAIT