Zainal Abidin Domba, Pelawak yang Pernah Raih Penghargaan Aktor Terbaik

Zainal Abidin Domba, Pelawak yang Pernah Raih Penghargaan Aktor Terbaik

Zainal Abidin Domba, Pelawak yang Pernah Raih Penghargaan Aktor Terbaik

Kampunglucu.com – Zainal Abidin Domba merupakan seorang aktor Indonesia yang pernah memenangkan penghargaan Aktor Terbaik dalam Festival Teater Remaja Jakarta pada tahun 1982 dan 1983. Pelawak kelahiran Pekalongan 15 April 1957 ini, sempat hijrah ke beberapa kota di Indonesia seperti Medan, Padang bahkan Ternate, sebelum dia memutuskan untuk mengadu nasib di Jakarta.

Kemudian, Jakartalah dirinya mulai berkecimpung di dunia teater, sampai dirinya merambah dunia film , bahkan sampai film layar lebar.

Ia juga pernah ikut membintangi film ‘3 HATI DUA DUNIA SATU CINTA’ bersama Reza Rahardian, Laura Basuki dan Arumi Bachsin.

Awalnya Zainal hanya kerja serabutan ketika ia sampai di Jakarta. Lalu pada tahun 1975, ia mulai terjun menekuni teater. Beragam tokoh dan karakter pernah ia mainkan ketika ia menggeluti teater. Sampai akhirnya ia memulai debut aktingnya dalam film garapan Teguh karya yang berjudul ‘Secangir Kopi Pahit’ pada tahun 1984.

Ia juga pernah bermain dalam sebuah teater yang juga karya Teguh berjudul ‘Pernikahan Berdarah’. Dalam pertunjukan tersebut, ia berperan sebagai pengantin pria dari Niniek L. Karim.

Ia juga sempat bermain sinetron Olga ‘Sepatu Roda’, berperan sebagai seorang bujangan yang mati-matian mendapatkan cinta dari Sarah Sechan. Puncaknya, namanya kian melambung ketika ia mendapatkan peran sebagai suami yang punya karakter kocak dari Inneke Koesherawati dalam sinetron ‘Kipas-Kipas Asmara’.

Ia juga merambah film layar lebar. Tahun 2010 kemarin, ia membintangi film ‘3 HATI DUA DUNIA SATU CINTA’ bersama dengan Reza Rahardian, Laura Basuki dan Arumi Bachsin.


ARTIKEL TERKAIT